[PICTURE] Silsilah Nabi Adam s/d Nabi Muhammad SAW, Validkah?

Menarik untuk diketahui!
saat sekolah dulu pasti deh diajarin kisah Nabi2 dan Rasul Allah, nah! dari zaman Manusia pertama di bumi Nabi Adam a. s.  s/d Nabi besar Muhammad SAW yang belum ketahui saya ketahui adalah gimana silsilahnya?

Coba aja lihat dibawah ini!

"Silsilah Nabi Muhammad SAW"

Nah! yang jadi kekhawatiran saya adalah silsilah gambar ini saya copas dari salah thread di kaskus! dan sumber tidak jelas! apakah ini silsilah yang bener2 Valid?

oleh karena itu, saya tidak mau dibilang penyeleweng agama saya jika silsilah ini tidak Valid atau tidak sesuai dengan kebenaran yang ada! mungkin pembaca bisa kasih penjelasan ttng silsilah ini!

Thanks.

| My Distro : Unique 3 >> | Kaos #indonesiaUnite for Gempa Only 45rb >> |

About these ads

Perihal kaptenagil
Penulis adalah seorang Enthusiastic Blogger dan Internet Marketer. Blog ini berisi tentang Entertainment, Photography dan Personal penulis yang bertujuan "Menghibur" dan memberikan Info yang bermanfaat buat pembaca.

36 Responses to [PICTURE] Silsilah Nabi Adam s/d Nabi Muhammad SAW, Validkah?

  1. Zaki mengatakan:

    - Silsilah Nabi Adam hingga Nabi Ismail diambil dari Chronicles (tawarikh) perjanjian lama. InsyaAllah benar.
    – Silsilah Adnan (bani Adnan) hingga Rasulullah sudah sangat masyhur di Arab, jadi InsyaAllah juga benar.
    – Kalau dari Nabi Ismail hingga Adnan memang ada beberapa perbedaan (khilaf)…

    • kaptenagil mengatakan:

      thanks atas tanggapannya!

      • Adi Muhammad mengatakan:

        silsilah nabi muhammad sampai ke nabi Adam detailnya baca di Kitab Arrokhiiqul Makhtum, Tarikh Ibnu Hisyam dll .Adi

    • zafir mengatakan:

      nasab nabi muhammad sampai adnan sudah mashur dan di sepakati oleh para ulama,tapi setelah adnan sampai nabi ismail banyak perbedaan antara ulama,akan tetapi dari nabi ibrahim samapi nabi adam ada sedikit perbedaan,mungkin terjadi antara satu loncatan generasi atau perbedaan lagob dari nama tersebut.misalnya nama bapak nabi ibrohim adalah azar tapi di tempat lain,yang di sebutkan bukan namanya tapi lagobnya yaitu tarikh,

      • BAGUS mengatakan:

        PIE TO WEKIKI RA DONG WKWKWKW

    • Zul mengatakan:

      Jika dilihat dari silsilah sih udah benar, memang benar ada banyak yang tidak kelihatan pada silsilah lain, namun tidak usah kwatir jika memdang dari garis keterunan Nabi Ismail – Nabi Muhammad sudah jelas itu saja sudah jadi patokan, semoga tidak keliru boleh saja dijadikan referensi dan jangan lupa untuk terus untuk ditelusuri referensi yang lain. Thanks

  2. Irwadi ZA. Tanjung mengatakan:

    Ya, Saya setuju, silsilah sampai adnan valid menurut sebagian besar ulama, silsilah dari adnan sampai ismail as, masih terdapat beberapa perbedaan, sedangkan dari ismail as sampai adam as, memang seperti itu menurut catatan dalam kitab perjanjian lama. wassalam

  3. budi irwansyah mengatakan:

    jangan di debatkan silsilah ini…………..pokoke Ahlussunnah Waljamaah yang benar,titik

    • aiiu chen lee mengatakan:

      asiikkk

    • herbin mengatakan:

      salah total semuanya yg anda buat…..

      • gia mengatakan:

        bnar bngt t.. ngk lngkp
        PANDIA BNA KO

  4. zamzami saleh mengatakan:

    sepakat..namun yang jelas ada sebuah kebiasaan unik di arab yaitu mereka sangat pandai dalam menghapal silsilah,ane pernah nanya ma orang mesir tentang silsilah dia dan dia bisa menjawab sampai kakek buyut nya yang ntah nomor berapa..bandingkan dengan kita,nama kakek dari kakek aja udah kaga apal lagi :D

  5. Bagi umat Islam memang tidak wajib hafal, akan tetapi kalau mengetahui silsilahnya, ada baiknya kita kirim-kirim do’a untuk mereka. Bagi para habaib hafal silsilah merupakan kewajiban yang mutlaq..karena akn tersambung nasabnya kepada Nabi Muhammad SAW.

  6. Oh ya mungkin (ralat) tambahan, silsilah dari Nabi Muhammad sampai ke Adnan bagi umat Islam wajib hapal, sebagai bagian dari tauhid….

    • el mosafeery mengatakan:

      Tauhid itu apa ya???????

  7. Raymon mengatakan:

    Itu berarti Silsilah nabi muhammad saw bukan dari bani israil / kaum yahudi yg dilaknat allah swt,lihat saja dari nenek moyangnya nabi ismail as yg punya sifat sabar, terpuji, dah patuh terhadap orang tua,yg rela mengorbankan dirinya,

    • melly mengatakan:

      kalau bani israil di laknat Allah kenapa dari keturunannya yang banyak keluar nabi-nabi ya???!! trus kenapa nabi isa lahir bukan dari hubungan biologis ya??? aneh??!!!!!

      • jikun mengatakan:

        gak ada yg aneh buat Allah swt
        ada manusia yg tidak memiliki ayah dan ibu (biologis) yaitu Adam a.s.
        ada manusia yg tidak memiliki ibu (biologis) yaitu Siti Hawa a.s.
        ada manusia yg tidak memiliki ayah (biologis) yaitu Isa a.s.
        semua adalah Kuasa Allah :)

      • munandar mengatakan:

        tntang bani israil : Allah hnya ingin mmbuka pintu hati bani israil kejlan yang benar agar mereka sadar tpi itu tak merubah hati para kaum bani israil, itulah sebab nya byak yg mnjadi nabi dari bani irail,, klw msih kurang bsa dlihat di bbrapa surah dlm al qur’an,,,

      • el mosafeery mengatakan:

        Mas ati2 ngomong….
        Jangan samakan bani israil dengan yahudi….ilmui dulu baru komentar…
        nabi yusuf bani israil,nabi musa bani israil, nabi isa bani israel, nabi harun bani israel , nabi yahya,zakariya,yunus,sulaiman, dawud,ilyas dan nabi ilyasa’ mereka semua bani israel…..
        Ketahuilah mas…..israel/isroil/israil adalah nama lain dari nabi ya’qub ‘alaihis salam….keturunan nabi ya’qub disebut bani isroil…..mereka yg beriman di sebut bani isroil…..yg kafir di sebut “yahudi”…..yg dimurkai itu yahudi….bukan bani isroil yg beriman, karena mereka yg beriman kepada nabinya itu muslimim……perdalam ilmu anda dulu….

      • cerahhati mengatakan:

        melly baca dong… kalo orang sudah banyak menyelewengkan ajaran allah swt, maksiat merajalela, dll baru di utus nabi2 untuk meluruskan kembali ke ajaran tauhid

        Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barangsiapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-A’raaf [7] : 35-36)

        (Mereka Kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi peringatan agar supaya tidak ada alasan bagi manusia membantah Allah sesudah diutusnya rasul-rasul itu. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. An-Nisaa’ [4] : 165)

        Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepada kamu Rasul Kami, menjelaskan (syari’at Kami) kepadamu ketika terputus (pengiriman) rasul-rasul agar kamu tidak mengatakan: “Tidak ada datang kepada kami baik seorang pembawa berita gembira maupun seorang pemberi peringatan.” Sesungguhnya telah datang kepadamu pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al-Maa’idah [5] : 19)

        Allah SWT. berfirman:
        Dan sekiranya Kami binasakan mereka dengan suatu azab sebelum Al Quran itu (diturunkan), tentulah mereka berkata: “Ya Tuhan kami, mengapa tidak Engkau utus seorang rasul kepada kami, lalu kami mengikuti ayat-ayat Engkau sebelum kami menjadi hina dan rendah?” (QS. Thaahaa [20] : 134)

        Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. (QS. Al-Maa’idah [5] : 15)

        Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus. (QS. Al-Baqarah [2] : 213)

    • el mosafeery mengatakan:

      Mas ati2 ngomong….
      Jangan samakan bani israil dengan yahudi….ilmui dulu baru komentar…
      nabi yusuf bani israil,nabi musa bani israil, nabi isa bani israel, nabi harun bani israel , nabi yahya,zakariya,yunus,sulaiman, dawud,ilyas dan nabi ilyasa’ mereka semua bani israel…..
      Ketahuilah mas…..israel/isroil/israil adalah nama lain dari nabi ya’qub ‘alaihis salam….keturunan nabi ya’qub disebut bani isroil…..mereka yg beriman di sebut bani isroil…..yg kafir di sebut “yahudi”…..yg dimurkai itu yahudi….bukan bani isroil yg beriman, karena mereka yg beriman kepada nabinya itu muslimim……perdalam ilmu anda dulu….

    • el mosafeery mengatakan:

      Mas ati2 ngomong….
      Jangan samakan bani israil dengan yahudi….ilmui dulu baru komentar…
      nabi yusuf bani israil,nabi musa bani israil, nabi isa bani israel, nabi harun bani israel , nabi yahya,zakariya,yunus,sulaiman, dawud,ilyas dan nabi ilyasa’ mereka semua bani israel…..
      Ketahuilah mas…..israel/isroil/israil adalah nama lain dari nabi ya’qub ‘alaihis salam….keturunan nabi ya’qub disebut bani isroil…..mereka yg beriman di sebut bani isroil…..yg kafir di sebut “yahudi”…..yg dimurkai itu yahudi….bukan bani isroil yg beriman, karena mereka yg beriman kepada nabinya itu muslimim……perdalam ilmu anda dulu….

  8. Zack mengatakan:

    klo gak salah dr silsilah tsbt, yg menjadi Nabi n Rosululloh, dari garis Nabi Ismail sampai Muhammad hanya 2, yaitu Nabi Ismail AS, n Nabi Muhammad SAW dg rentang waktu spanjang itu… subhanallaah…bandingkan dg garis Nabi Ibrahim ke Ishaq AS….. sampai Nabi Isa AS…

  9. syakir mengatakan:

    Agar lebih jelas silahkan baca Buku sirah nabawi karangan Syaikh Shafiyyurahman al mubafakfury, yag versi terjemeh bahasa indoneisa banyak tesedia di toko buku ternama.

  10. Franzkov mengatakan:

    Terbitan Depag 1970 Era KH. A. Mukti Ali, merujuk kepada bagan yang sama tetapi keluaran Depag 1970 beraksara Arab. Dapat dilihat di Mesjid Agung Jambi.

    Terbitan Depag 2012 Era KH. Maftuch Basyuni merujuk kepada isi yang sama.

    Kiranya ini mendekati kebenaran. Wallahualam bishshawwab.

  11. Ole mengatakan:

    Silsilah Nabi sampai dgn Adnan … mayoritas Ulama men-shahihkannya .. sedangkan utk silsilah yan lain … kecuali yang sudah disebutkan Al-Qu’an atau Hadits … kita berdiam diri … tidak membenarkan dan tidak memperselisihkannya .. karena datangnya dari riwayat Israiliyat … begitu sikap yang juga diambil oleh Ibnu Katsir terhadap cerita Israiliyat yang lain

  12. Alfiya mengatakan:

    Oh..itu y silsilahnya..makasih ya kak …q jdi tau neh =)
    makasih INFO nya

    Alfiya Zhafira
    Kelas 5 SD

  13. rizal fahlevi mengatakan:

    cip coy

  14. parombi mengatakan:

    Menurut hemat kami banyak yang perlu divalidasi, terlepas dari perbedaan penulisan nama, dan barangkali silsilah keturunan Ibrahim itu perlu lebih diperhatikan lagi (banyak perbedaan) dengan silsilah orang yahudi (keturunan Yehuda / Yehudza) dan kami akan lebih percaya dengan silsilah yang dimiliki oleh Yahudi karena itu menyangkut asal usul mereka. salam.

  15. ahmad mengatakan:

    kalo ada yang tulisan nya bahas arab,dan kasih tau donk kitab kuning ada gak yang meriwayatkan silsilah nabi muhammad saw.-nabi adam?tolong kasi tau nama nya ya!

  16. Drs. M. Lekat Ragat mengatakan:

    Ada yang saya temukan dari silsilah itu, bahwa Nabi Isa anak Maryam dan Maryam anak Imron bukan anak Heli, lihat Al-Qur’an Surat Ali Imron ayat 35 dan 36

  17. kusdi mengatakan:

    Insya alloh bisa di crossceck di sini http://al-quran.bahagia.us/_q.php?_q=sihab&dft=&dfa=&dfi=&dfq=&u2=&ui=1&nba=103

  18. el mosafeery mengatakan:

    Sedikit ralat…..setahu ana…..isa putranya maryam…dan maryam itu putrinya imron saudara harun dan musa, di dalam diagram ini kenapa keturunan sulaiman????????
    Perlu di koreksi lg ….

  19. rio mengatakan:

    Ada yg kurang tuh anakx nabi adam Habil & Qabil kok gkk di cantumkan namanya kok langsung ke nabi syist. Trus klo di prhatikn dri garis nabi yusuf kok gkk ada nama keturunanx stau aq nabi yusuf menikah dgn zulaekha.

  20. taufik darus mengatakan:

    ajiib thanks Captain:) for the posting

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: