Trik : Bikin Kompor Portabel dari Kaleng Minuman!

Penasaran? Bagaimana Caranya?

Ini adalah Kompor Portabel Sederhana yang terbuat dari Kaleng Minuman dengan bahan bakar Alkohol, disini saya akan memerikan Trik bagaimana cara membuatnya Mulai dari A s.d. Z. Silahkan baca baik-baik langkah demi langkah berikut dibawah ini :

PERSIAPAN ALAT :

1. Kaleng Minuman

stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng

1. Persiapkang Kaleng Minuman, terserah kaleng minuman jenis apa aja, yang penting bawahnya tidak penyok dan kondisinya masih bagus

2. Amplas

stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng

2. Amplas dengan Grit 320 atau lebih tinggi

3. Mata Pisau

stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng

Cari pisau yang tajam

4. Paku Payung

stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng

4. Paku payung

5. Hanger

5. siapkan hanger kawat

6. Fiberglass (opsioanal, tapi disarankan!)

7. Alkohol dalam kemasan
Siapkan Alkohol didenaturasi atau 91% isopropil alkohol, atau Spritus!

Setelah persiapan sudah OK, kita masuk ke cara kerjanya, perhatikan baik-baik langkah demi langkah berikut :

CARA KERJA :

Amplas kedua Kaleng minuman

1. Amplas kedua kaleng tersebut, amplas sampai beberapa cm dr tinggi kaleng, Usahakan amplas semulus mungkin agar sempit dan menghindari kebocoran

Jika kaleng ada isinya, pindahkan isi didalamnya ke gelas yang kosong

2. Pindahkan isinnya dalam gelas yang kosong

Potong kalengnya

3. Ukur kaleng dari bawah, potong kaleng menjadi beberapa inchi dari bawah (terserah anda mau potong berapa inchi)

4. Jika sudah menemukan berapa inchi yang dipotong, potong dengan Pisau yang tajam. Agar mudah memotongnya anda bisa tandai dengan Spidol area yang akan dipotong dan saat memotongnya topang pisaunya dengan buku agar hasil potongannya sempurna.

5. jadilah hasilnya seperti pada gambar, Tips : setelah dipotong, Amplas permukaannya tepinya sampai halus seperti pada gambar diatas.

6. Setelah anda puas dengan hasil pertama, sekarang buatlah miniatur yang kedua. untuk memudahkannya, anda bisa sisipkan miniatur pertama ke bawah kaleng kedua sampai bener-bener masuk. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil miniatur kedua persis dengan miniatur pertama. Setelah selesai, lakukan cara yang sama dari Langkah 1 s.d 3 tadi.

7. Taruhlah Bahan Fiberglass di dalam miniatur, ini opsional tapi Penting!. fungsi fiberglass adalah menjaga kebocoran bahan bakar dari luar, dia akan selalu bergerak terus jika dinyalakan dan juga menjaga bahan bakar yang tidak terpakai pada saat proses pembakaran.

lubangi bawah miniatur dengan paku payung

8. Lubangi bawah kaleng miniatur dengan paku payung, dengan formasi seperti pada gambar diatas. Ini dilakukan agar ada aliran udara yang masuk jika tekanan didalam tidak cocok.

Pasangkan keduanya

9. Pasangkan kedua minitaur tersebut tepat pada bibir bawah masing-masing

10. jika anda mengalami kesulitan, gunakan amplas untuk memuluskan agar kedua miniatur benar-benar lekat.

11. Press dengan kuat agar keduanya rapat dan tidak bisa dibuka!

Buatlah 16 Lubang

12. Kompor portabel ini perlu 16 lubang untuk memunculkan celah api dari hasil pembakaran. sekarang buatlah 16 lubang dengan paku payung dengan formasi diatas.

Buat miniatur pegangan panci

13. Sekarang buatlah pegangan panci dari kawat Hanger. Tinggi idealnya adalah antara 1/2 inchi sampai 1 inchi. buatlah pegangan pancinya seperti di atas.

14

Jangan lupa untuk Menggosok kawatnya secara halus dengan amplas

Pengujian

14. Kompor portabelnya udah selesai dibuat. Sekarang tinggal pengujiannya!. Masukkan Alkohol pemanas ke dalam kompor, anda bisa siramkan sebanyak 3 sendok makan

15. Panaskan kompor dengan korek atau pemantik api. pemanasan hanya butuh beberapa detik saja.

Setelah pemanasan selesai, maka secara otomatis api akan keluar dari 16 celah lubang itu. Lihatlah dengan bahan bakar alkohol, api yang dihasilkan sangat bersih dan berwarna biru. Dan sekarang anda tinggal meletakkan Pegangan panci diatasnya!

Pengujian dengan Memasak Air

Cobalah anda memasak air dengan Kompor Portabel ini.

Sumber : www.instructables.com

well, Trik ini saya dapat dari Metacafe, tutorial dari sebuah video yang saya pecah-pecah menjadi gambar tutorial. saya penulis tertarik ingin membuat kompor portabel, tapi karena gak ada waktu untuk membuatnya, saya buat presentasi/tutorialnya dulu. Intinya saya belum mempraktekkannya, saya berharap teman-teman mau mencoba trik ini. jika ada kurang jelas ada Petunjuk lebih lengkapnya disini.

Mungkin, diantara kalian tertarik untuk membuatnya?

Share It Below!

Bookmark and Share

Jangan Lupa Kunjungi Distro Online saya…

Unique 3 Distro Clothing

Perihal kaptenagil
Penulis adalah seorang Enthusiastic Blogger dan Internet Marketer. Blog ini berisi tentang Entertainment, Photography dan Personal penulis yang bertujuan "Menghibur" dan memberikan Info yang bermanfaat buat pembaca.

59 Responses to Trik : Bikin Kompor Portabel dari Kaleng Minuman!

  1. udienroy mengatakan:

    pertamanyaaa

    • kaptenagil mengatakan:

      Pastinya agan ini yang Pertamax!!

  2. udienroy mengatakan:

    ini juga termasuk pertamanya lho kan linknya berbeda iya to?

    • kaptenagil mengatakan:

      tapi Namanya tetep SAMA!

  3. udienroy mengatakan:

    Wow! Keren uyh😀 Boleh deh mas di coba, tapi kapan-kapan saja yaaa😀

    • grosir baju mengatakan:

      mantap idenya

  4. nurrahman mengatakan:

    jadi inget dulu pas naik gunung, msak pake kompor seadanya seperti itu, hehe..
    btw, tp itu mungkin bisa di-brainstorming-kan ke anak2 mapala bro..barangkali mereka punya usulan dan masukan, ato jgn2 dah pernah bikin

  5. arkasala mengatakan:

    kreatif sekali Mas. Sebuah informasi yang sangat menarik Mas.
    Terima kasih sekali.
    Salam hangat selalu🙂

  6. the riza de kasela mengatakan:

    lumayan bisa buat masak indomie
    tapi kalo alkoholnya kebanyakan rugi
    habis menguap

  7. Mariska Ayu mengatakan:

    Bagus juga tuh kak triknya.

  8. an9el mengatakan:

    ribet jg ya kang bikinnya hehe tp keren deh🙂

    • kaptenagil mengatakan:

      klo mau coba buat tuh! ada link tutorialnya🙂

  9. Perawan Desah mengatakan:

    Sudah pernah menjual kompor model kaleng ini belum mas?

    • kaptenagil mengatakan:

      waduh jangankan menjual, buat aja belum…
      saya mencoba mempresentasikannya, siapa tahu ada yang mencoba, ingin membuatnya tpi ga ada waktu!

  10. Wandi thok mengatakan:

    Boleh pesen nggak mas?🙄😆

    • kaptenagil mengatakan:

      haha…saya bukan pabriknya mas…

  11. alfarolamablawa mengatakan:

    kalo naik gunung, kami juga biasa buat kompor dari kaleng gini, tapi ga sekeren ini c hehehe
    mantap ini bisa copy halamannya hehehe

    • kaptenagil mengatakan:

      ya ni sangat berguna jika sobat rekreasi ke puncak!

  12. Mamah Aline mengatakan:

    wow bisa keren gitu bikin kompor dari kaleng, bisa untuk kemping biar ga usah nenteng yang gede

    • kaptenagil mengatakan:

      Manfaatnya banyak disitu mbak!

  13. KangBoed mengatakan:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  14. KangBoed mengatakan:

    waaaaaaaaaah hebat eeeeeeeeeeuy.. mangstaaaabs tuh

  15. citromduro mengatakan:

    hemat dan bermanfaat

  16. citromduro mengatakan:

    mangstabbsss

    sambil cek ping dari WP ternyata tidak nongol tuh

  17. Triunt mengatakan:

    wah keatif bener.
    kok kayaknya WPnya ada yg beda ya…

    • kaptenagil mengatakan:

      apa yang beda mas? perasaan tetap aja dari dulu!

  18. Bandung Yes mengatakan:

    kreatip boss..

  19. Indra wardana mengatakan:

    Cocok juga buat dgunung ni.he

    salam

  20. nurhayadi mengatakan:

    Bagus dan kreatif idenya… ijin mengcopy dulu ya… nanti kalo dah ada waktu mencobanya…

  21. aldy mengatakan:

    Bahan lainya seperti ada mas, cuma yang sulit dicari bahan fiberglass-nya, harus dipesan ke Pontianak dulu….
    Salam Kenal.

  22. Berry Devanda mengatakan:

    wow…sangat kreatif sekali ne..
    patut dicoba…
    salam kenal mas…

  23. backlink gratis mengatakan:

    minuman kaleng bisa jadi laris nih, n kompor gas nya bisa jadi sepi
    salam kenal n
    ditunggu kunjungan balik kapten

  24. bluethunderheart mengatakan:

    mantab
    salam hangat dari blue
    mau dong kompornya

  25. Superb post, well written and concise. Keep up the good work.

  26. Ruang Hati mengatakan:

    Bertandang ke Lapak para Sahabat Nara Blog Tercinta, Ruanghati rasanya lama tidak jalan-jalan mengunjungi para Sahabat (Blogger) coz beberapa hari sangat sibuk sekali nih, Semoga para Sahabat selalu dalam keadaan baik dan bahagia selalu dalam rahmat serta kasih sayang Tuhan Yang Maha Kuasa, Amien. 2 hari terakhir ini juga Blog ruanghati keknya ada problem beberapa teman bilang ketika mau masuk ke blog kami ada semacam alert situs berbahaya, minta doanya semoga segera bisa normal kembali,

    Salam hangat

    Ruanghati

    • kaptenagil mengatakan:

      salam hangat juga mbak…

  27. udienroy mengatakan:

    selamat pagi dini hari mas. maaf berkunjung larut malam. maklum jam segini koneksi internet sedang stabil-stabilnya, jadi ya saya manfaatkan buat blogwalking buat menyambung tali silaturahmi kepada semua teman2 netter hehe selamat bermimpi ria.

    • kaptenagil mengatakan:

      thanks bro roy udah berkunjung..

  28. wahyu mengatakan:

    wow nice inpoh gan…
    keren nih. biasanya kalau lagi laper malam2 gini bingung mau cari kompor (g ada kompor di kamar soalnya) bisa nih dipraktekkin..
    kecil dan portable..mantap

  29. Ruang Hati mengatakan:

    have a nice day sobat, salam hangat dan sukses selalu

  30. Ruang Hati mengatakan:

    Penghujung bulan sudah datang, ada yg suka karena baru gajian, ada yang seding karena target tidak terpenuhi, apapun yang terjadi ruanghati.com ucapkan selamat berakhir pekan dan berakhir bulan, selamat ngeblog, yang barusan gajian bisa dihemat sampai akhir bulan berikutnya,

    salam hangat san sukses selalu

    semoga hidup Anda penuh dengan Cinta, Kesehatan, kebahagiaan dan Kedamaian selalu

    ruanghati.com

  31. udienroy mengatakan:

    kunjungan di siang hari menjelang sore mas. Maaf cuma lagi blogwalking mencari tambahan hehe…, …Lelang keperawanan di dunia maya

  32. rmLara mengatakan:

    Did you utilize the ideas of a essays online service for your hot article? I think that you have got good definition essay composing technique. Thanks for your release!

  33. iiN mengatakan:

    wwwwwwwwwiH………….. keren bgt..!

  34. nuansa pena mengatakan:

    wao ….. praktis buat penjelajahan! kreatif dan mudah cari bahnnya!

  35. pengobatan alternatif mengatakan:

    inovasi yang cocok buat anak kost bro

  36. jacky mengatakan:

    canggih tnan broth………….

  37. bagus prasetyo mengatakan:

    fiberglasnya jenis apa??? kok kaya busa…

  38. flippy)_82 mengatakan:

    bagus nih buat mencegah ledakan tabung gas

  39. angelaz mengatakan:

    fiberglass belinya dmn??bisa di ganti material laen ga???

  40. donalpandu mengatakan:

    apik mas idenya….napa kmaren kok gk usul ma anggota dewan yg studi banding ke luar negeri……itu kn dulu jadi alat masak pramuka era 70 an……….sipdah ngluarin lagi tu idenya,,, trims ya mas..hehehehehe.

  41. arif mengatakan:

    cara matiinnya gimana bro

  42. vigliosi mengatakan:

    keren juga ..
    tapi kayaknya low ga mau ribet pake kaleng bekas semir sepatu ja n tinggal buat lubang diatasnya…

  43. sighuns mengatakan:

    bahan fiberglass seperti apa ya yang ente maksud…?

    kalau bahan untuk membuat fiberglass (seperti gantungangan kunci, dll) saya tahu, itu mengunakan bahan resin +ctalis…

    nah,, yang ente maksud,, yang mana???

  44. Ulya mengatakan:

    emm.. itu alkoholnya naruhnya dimana??

  45. Eyang Sabdo mengatakan:

    CoPaSus

    Copy Paste Kusus

  46. Jelly Gamat mengatakan:

    wahhh canggih juga tuh kompor lumayan ngurangi biaya tuh ngirit ngirit
    hehehe

  47. endemic mengatakan:

    harusnya kompor ini bukan hanya bermanfaat bwt d gunung aja…
    bwt anak’ muda yg hoby ngopi bsa, bwt jamuan makan mlam bsa…bwt cwo jomblo yg “kedinginan” juga bsa…hehehe
    salam kenal kapten…blog yg aneh tapi mantap(two thumbs up),.baru kali ini saya nemu blog yg komplit : menghibur, berilmu, uptodate,pasti bermanfaat…insya Allah..amin
    boleh ya kapan2 sya diajarin sdikit tntang webmarket

  48. ihsanamanullah mengatakan:

    Oooooooooooooo coll is not it goooOooooOoooOooOooOooOooOdddDddddDddd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: